3 August 2012

Cadillac One, Benteng Berjalan Obama



Presiden Amerika Barack Obama selalu membentengi dirinya untuk memaksimalkan pekerjaannya. Bukan Cuma gadjet, buat keamanan Presiden Obama punya benteng berjalan yang sangat kokoh dan dahsyat. Namanya Cadillac One. Benteng inilah yang akan mengantarkan Mr. President ke tempat-tempat yang akan dikunjunginya. What is Cadillac One??
Cadillac One sama dengan Air Force One. Bedanya, kalo Air Force One pesawat kepresidenan, maka kalo Cadillac One adalah mobil limousine kepresidenan. Mobil ini pula yang mengantarkan Obama ke beberapa tempat di Jakarta tahun 2010 lalu. Mobil ini digunakan atau beroperasi sejak Obama mulai dilantik.
Mobil ini berpenampilan sedan limo yang mengadopsi pada sdan sport. Mobil ini juga nggak beda dengan mobil-mobilkepresidenan AS sebelumnya. Mobil bersutan General Motors ini menggunakan standar keamanan tertinggi. Diantara tahan  akan serangan roket dan bahan kimia lainnya. Maklum, kendaraan Presiden bisa menjadi sasaran utama target pembunuhan. Makanya, keamanannya harus hebat. Mau tahu spesifikasi umum yang ada dalam full bodi Cadillac One? Mari kita bedah!
Menurut informasi, sasis Cadillac One terbuat dari pelat baja 5 inchi yang tahan
akan serangan bom yang diletakan dibagian bawah mobil. Tangki bensinnya, juga dilapisi baja dengan foam supaya nggak meledak walau dihajar langsung atau ditembak dengan senjata khusus. Kalo bodinya merupakan kombinasi baja, alumunium, titanium dan keramik yang tahan dari tembusan berbagai macam proyektil. Beralih ke kaca mobil, meski kacanya anti peluru penembus perisai, kaca ini tetep bisa bergerak terbuka dan tertutup. Dalam keadaan tertutupun masih bisa menerima sinyal untuk berkomunikasi. Pintunya, jelas anti baja Cuma beratnya sama dengan pintu kabin pesawat jet Boeing 757.
Bagaimana dengan bannya? Ban Cadillac One terbuat dari bahan Kevlar yang dilengkapi dengan sabuk baja. Yang jelas anti rusak dan tahan bocor.  Kalopun sampe meledak, bannya tetep kuat. Sehingga kalo ada serangan mendadakpun masih bisa melarikan diri. Mobil berkecepatan 97km/jam ini memiliki aksesori pertahan tambahan seperti kamera perekam malam hari, short gun, gas air mata, sampe cadangan darah kalo suatu saat Presiden membutuhkan transfusi darah darurat. Aksesori disertai suplai oksigen dan sistem pemadam kebakaran.
Bagian kursi belakang, mobil berbakal diesel ini dilengkapi beberapa fitur pendukung pekerjaan Obama. Diantaranya ada desktop lipat, laptop, saluran Wi-Fi, ponsel satelit dan sistem jaringan langsung kepada wakil Presiden dan Pentagon.
Lantas bagaimana dengan pengendaliannya? Ruang kendali dilengkapi dengan steering wheel standar, punya penjejak GPS dan punya sistem komunikasi yang terhubung langsung dibagian dasbor. And supir kepresidenan adalah anggota terbaik dan terlatih dari CIA. Supir presiden harus canggih mengendarai mobil dalam keadaan apapun. Tambahannya nih, kalo terjadi sesuatu sama Presiden, dibagian aksesori belakang juga tersedia tombol panic button untuk meminta pertolongan. Berapa harga mobil ini? Hmm, 4,2 Milyar aja gitu. Wow! Dahsyat..!
                                                          (julia/ry@antabloidgaul/vivanews.com)

0 comments:

Post a Comment

Let's Leave a Comment Politely, Friends! ^_^