25 December 2014

Contoh Resensi Novel : 3600 Detik

60 Menit Bersamamu


Judul Buku      : 3600 Detik
Penulis             : Charon
ISBN               : 978-979-22-3728-3
Penerbit           : GramediaPustaka
Tahun Terbit    : 2008
Tebal               : 208 halaman
Dimensi           : 13,5 x 20 cm
Jenis Buku       : Fiksi

            Sandra begitu kalut dengan perceraian kedua orang tuanya. Hal itu membuat gejolak kebenciannya semakin besar terhadap orangtuanya. Ditambah dengan keputusan ayahnya yang mengharuskan Sandra untuk tinggal bersama ibunya, yang sama sekali tidak memiliki kedekatan dengan
Sandra. Tak ada lagi orang yang bisa ia percaya ketika ayahnya meninggalkannya. Kemarahannya yang membuncah membuatnya menjadi remaja yang bandel. Berulangkali ia dikeluarkan dari sekolah gara-gara kebandelannya dalam melanggar peraturan. Hingga akhirnya ibunya memutuskan untuk pindah ke luar kota, berharap perilaku putrinya akan berubah di lingkungannya yang baru.
            Begitu masuk di sekolahnya yang baru, Sandra malah bertekad untuk menunjukkan kebandelannya sehingga dipikirnya guru-guru akan kewalahan dan kemudian mengeluarkannya dari sekolah. Namun dugaannya salah besar. Pak Donny, wali kelasnya begitu sabar. Ia malah semakin memperpanjang hukumannya tanpa harus mengeluarkan Sandra dari sekolah. Perlahan perilaku Sandra berubah setelah ia bertemu dengan Leon si Pianis Jenius. Orang tua Sandra bertanya-tanya perihal Leon si cowok baik, jenius, kalem, dan disukai guru-guru itu bersedia menjadi teman Sandra, sementara anak-anak lain justru menjauhi gadis urakan itu. Leon yang saat itu memiliki kelainan pada organ pompa darahnya, bertekad untuk menghabiskan sisa hidupnya bersama Sandra. Ia selalu merasa bahagia bila di dekat Sandra. Hingga dipenghujung harinya ia menghabiskan waktu 3600 detiknya untuk menjadi manusia normal seperti yang lainnya bersama Sandra.
            Charon, penulis kelahiran Sukabumi yang hobi menghabiskan waktu berjam-jam di toko buku ini berhasil menempuh perjalan 2 tahun untuk bisa menerbitkan novel 3600 detiknya ini. Walau ia sempat pesimis dalam saat-saat penantian penerbitannya, namun kini ia telah mampu membius pembaca dengan 4 judul novel lainnya yakni 7 Hari Menembus Waktu, 10 Kencan Romantis Stella, 1000 Musim Mengejar Bintang hingga novelnya yang terakhir dirilis Maret 2012 lalu yaitu Trio Weirdo.
            Novel ini memiliki nilai moral yang penting untuk diri sendiri, keluarga, juga orang lain. Selain Penokohannya yang kontras dari tokoh satu ke tokoh yang lainnya novel ini juga mampu memikat hati pembacanya dengan cerita muda dan keromantisan-keromantisan yang ada didalamnya. Alur cerita yang disajikanpun tersusun dengan rapih yaitu dari awal ke akhir. Namun, jalan cerita didalamnya mudah sekali untuk ditebak sehingga pembaca tidak merasa tertantang dengan cerita yang ada.
            Buku ini memiliki nilai sastra yang medium atau pertengahan. Tidak banyak menggunakan kata kiasan. Dengan begitu bahasa yang digunakan dapat dimengerti dengan mudah oleh pembaca.

            

0 comments:

Post a Comment

Let's Leave a Comment Politely, Friends! ^_^