3 August 2012

Bikin Sahur Efektif dan Sehat




Sebenernya males banget, kan, kalo tiba-tiba harus terbangun dini hari dan secara otomatis mengambil makanan. Mungkin kalo sahur bukanlah suatu kewajiban dalam berpuasa, aktifitas semacam ini bakal bikin badan lemes, mata ngantuk dan bahkan kepala kadang pusing. Untungnya aktifitas ini untuk sebuah kewajiban yang positif. Toh nggak asik juga kalo puasa tanpa sahur. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakuin biar sahur jadi lebih asik, efektif dan bikin sehat.
As the main, perhatikan jam tidur saat bulan Ramadhan. Kalo bisa, jangan sampe melakukan rutinitas tidur yang biasanya sampe tengah malam. Jam 10 malam, harusnya sih segala aktifitas udah beres. Jadi waktu tidurnya nggak mengalammi perubahan yang signifikan sehingga bisa bangun sahur. Susah tidur??? Coba lakukan ritual mandi air hangat, minum susu, matikan lampu dan senyapkan ruangan.
Next, menghindari makanan super berat (bukan berat bobotnya loh!), manis-manis dan makanan yang susah dicerna. Ada bagusnya menu sahur itu seperti menu sarapan. Emang sih, rasanya nggak bakal nendang banget. Namun, paling nggak menu tersebut nggak bakal ngerubah aktifitas di siang hari. Jangan lupa, minum susu, jus dan air putih. Untuk pencernaan tetap baik dan tahan di siang hari.
Selesai sahur, harusnya sih nggak tidur lagi. Soalnya kalo balik tidur lagi, terkadang bikin perut lapar lagi (ini bener loh, buat Jul tapi. Heee). Malah bangun tidur setelah sahur bikin badan lemes dan malas bergerak. Ada baiknya diisi kegiatan yang berhubungan dengan Ramadhan. Misalkan mendalami ilmu agama seperti tadarus ataupun tilawatil Qur’an sambil nunggu waktu subuh tiba. Baiknya juga kalo masih ada waktu kosong setelah itu biar tubuh tetap bugar bisa juga dengan olahraga ringan aja. Bersiap-siap untuk melakukan aktifitas di pagi hari juga boleh. Paling nggak dengan aktifitas itu tubuh jadi lebih segar dan siap menjalani aktifitas di siang harinya. So, let’s try!! Walopun susah. ^_^
                                                (julia/tabloidgaulry@n/berbagaisumber)

0 comments:

Post a Comment

Let's Leave a Comment Politely, Friends! ^_^