31 July 2012

Masjid Al-Haram, Masjid Terindah di Dunia


Bismillah...
Masjid Al-Haram atau masjid yang juga disebut Masjidil Haram ini merupakan salah satu masjid terindah di dunia. Masjid yang terletak di tengah-tengah kota mekah dan dikelilingi beberapa bukit ini merupakan pembentukan kembali dan ikhtisar dari keselarasan, ketertiban, dan kedamaian alam semesta yang udah ditetapkan Allah Swt sebagai rumah peribadatan abadi kaum Muslim. Konon, pada masa Rasulullah SAW hingga khalifah Abu Bakar, Masjidil Haram belum memiliki dinding di sekelilingnya. Besarnyapun belum sebesar sekarang ini, dan belum diberi penerangan lampu-lampu dari bahan bakar minyak zaitun disekitar Baitullah (Ka’bah).

Keaadaan ini sudah ada sejak Nabi IbrahimAs, sampai suatu ketika Umar Bin Khatab yang menjabat sebagai khalifah kedua membeli rumah-rumah yang ada dan berserakan di sekeliling Ka’bah. Oleh Umar, rumah-rumah yang dibelinya itu diruntuhkan untuk memperluas Masjidil Haram tersebut. Ia membuat dinding pada sekeliling masjid, dengan ketinggian lebih rendah dari manusia. Di atas dinding masjid itu diletakan lampu-lampu oleh Atabah bin Azrak untuk menerangi Masjidil Haram tersebut.
 

Pelebaran dan perluasan Masjidil Haram inipun dilanjutkan pula oleh Utsman bin affan, karena semakin bertambah banyaknya orang yang melakukan shalat di masjid itu dari tahun ke tahun. Oleh Utsman bin Affan, Masjidil Haram itu dibuatkan kamar-kamar bilik (ruang), yang dinamakan ruak, pada sekeliling masjid untuk digunakan ebagai asrama.

Selain sebagai masjid terindah, Masjid Al-Haram juga merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid ini juga dikenal sebagai Grand Mosque. Saat ini, struktur yang mencakup wilayah 400.800 m2 (99,0 acres) termasuk luar dan dalam ruang do’a dan dapat menampung sampai 4 juta manusia selama periode ibadah haji. Subhanallah, ya?! ^_^

                                                                 (tabloidgaul/zhr/berbagaisumber/foto:ist.)

0 comments:

Post a Comment

Let's Leave a Comment Politely, Friends! ^_^