15 June 2012

Nonton dan Game Ngaruh Ke Kejiwaan


Nggak salah kok kalo kita sering nonton dan main game. Cuma kalo kadarnya udah di luar batas kewajaran, bersiaplah akan memicu gangguan mental. Menurut sebuah penelitian di inggris, anak-anak yang ngabisin wakrunya untuk nonton tv atau main game komputer (online)beresiko lebih besar akan masalah kejiwaan.
Survei yang ngelibatin 1000 anak berumur 10 hingga 11 tahun ini dilakukan oleh peneliti asal Universitas Bristol, Inggris. Penelitian tersebut melibatkan cewek dan cowok tapi tahap pubertas atau tingkat pendidikan dan ekonomi. Selama penelitian, responden anak-anak tersebut diharuskan
mengisi kuesioner laporan berapa banyak waktu yang udah dihabiskan setiap hari untuk nonton tv dan main game. Mereka juga diharuskan menjawab pertanyaan yang ngegambarin kondisi mental, masalah emosional, perilaku dan PR-nya.
Penelitian ini masuk dalam jurnal Pediatrics dan nemuin konsultan psikologis naik sebesar 60% pada anak-anak yang ngabisin aktivitas tersebut lebih dari 2 jam sehari di depan tv. Sementara anak yang lebih banyak ngabisin waktu di depan tv ketika masih siang hari bakal ngalamin peningkatan dua kali lipat. Para peneliti juga nemuin bahwa masalah psikologis jauh lebih meningkat jika anak nggak punya cukup waktu untuk ngelakuin kegiatan fisik di samping waktu untuk nonton tv. Dampak negatif lain yang akan muncul adalah kurangnya kegiatan seperti membaca  ataupun melakukan pekerjaan rumah yang akhirnya bikin anak malas dan berperilaku yang nggak baik.
Tenyata hal ini udah kebukti loh, contohnya aja keponakan gue yang cowok.. beuh! Kalo udah main+nonton tv bisa nggak inget waktu. Alhasil dia males belajar n kelakuannya juga nggak baik (ex/nggak sopan sama orang tua). So, yang punya kakak, ade, ponakan atau bahkan pacar kalo sampe keseringan main game+nonton tv, mending dikasih tau deh.. sebelum psikologisnya terganggu. ^_^

                    (ry@ntabloidgaul/sumber:detiknet.com)

0 comments:

Post a Comment

Let's Leave a Comment Politely, Friends! ^_^